Pages

Sunday, December 6, 2015

Analisis Perbedaan Fungsi Perangkat Jaringan dan Perbedaan Topologi Jaringan

A.   Funsi Perangkat Jaringan

 Fungsi Switch
Switch dan Hub sebenarnya memililki kesamaan, baik fungsi maupun bentuknya. Hanya saja Swicth memiliki keunggulan yakni mencegah terjadinya Collision (Tabrakan data). Jadi Switch memiliki fungsi meneruskan data dan jika salah satu node ingin mengirim data ke node yang lain, dan ada node lagi yang ingin mengirim data. Switch akan memberikan jalur pada keduannya, sehingga tidak akan terjadi Collision.

 Fungsi Repeater
Untuk mengcover daerah-daerah yang lemah sinyal dari Server (pemancar), untuk memperjauh sinyal dari Server (pemancar), dan untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari Server. Jadi, Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (Client) dan untuk menyebarkan kembali sinyal Wifi tersebut (acces point).

 Fungsi HUB
Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation, menambah jarak network (Fungsi Sebagai Repeater), menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda (Ethernet, Toket ring, FDDI), menawarkan featur yang fault tolerance (Isolasi Kerusakan), dan memberikan menegement yang tersentralisasi (Koleksi informasi, Diagnostic).

 Fungsi Router
Untuk membagi 2 Jaringan atau beberapa jaringan, dengan kata lain Router digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain. Contoh aplikasinya adalah jika kita ingin membagi IP Adress kepada anggota jaringan maka kita dapat menggunakan router ini, ciri-ciri router adalah adanya fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mensetting DHCP, maka kita dapat membagi IP Address, fasilitas lain dari Router adalah adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain.

B.   Perbadaan Topologi Jaringan

- LAN (local area Network)
Yang saya ketahui LAN merupakan sesuatu jaringan yang menghubungkan suatu komunikasi data yang di tempatkan di suatu lokasi seperti:gedung , dan sekolahan

- MAN (Metrupolitan area Network)
Yang saya ketahui MAN merupakan suatu jaringan antar kota,kecepatan dai MAN ini cukup tingg  seprti: Man bagus untuk membuat jaringan antar kota

- WAN (Wide area Network)
Yang saya ketahui WAN suatu jaringan yang sangat besar seprti antar negara
Topologi yang saya tau

- Topologi Bintang
Menurut saya topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari mode tengah kesetiap node atau penggunaan.topologi  jaringan bintang termasuk dengan biaya menengah

- Topologi Cincin
Topologi cicin menurut yang saya tau berbentuk rangkaian yang masing-masing terhubung ke dua titik lain nya sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin,topologi cincin komunikasi dapat tergantung jika satu titik mengalami ganguan jaringan.

- Topologi BUS
Topologi bus yang saya tau  merupakan topologi yang banyak di pergunakan pada masa penggunaan kabel spesipikasi menjalur.

- Topologi MESH
Topologi Mesh yang saya tau suatu bentuk hubungan antara perangkat  dimana setiap perangkat terhubung ssecara langsung ke perangkat lain nya yang ada di dalam jaringan.


No comments:

Post a Comment