Pages

Friday, January 15, 2016

Yang ada di kepala gua

Waktu menunjukan menit 20:19 saat gua mulai menulis ini, diterangi bulan sabit di pertengahan bulan januari 2016. Gua cuman ngebayangin mereka yang bisa nikmatin hidup mereka secara bebas tanpa beban, banyak dari mereka bilang jadi anak satu-satunya itu enak tapi itu gak sejalan sama apa yang gua alamin. Sebenarnya kedua orang tua gua baik sama gua tapi gua masih merasa salah kalo gua gak melakukan apa yang mereka inginkan dan gua ngerasa passion gua terhalang sama kewajiban gua buat mereka. Gua inget saat temen-temen gua ngajakin gua pergi liburan sekalian foto buat buku tahunan sekolah, banyak dari temen gua yang nyaranin buat pergi jauh ke pulau tidung atau malioboro atau tempat tempat liburan lainya. Gua inget waktu itu mereka milih ke bandung dan harganya kisaran 300-an itu udah termasuk alat transportasi, makan dan biaya masuk tempatnya. Mereka bisa ngehabisin duit segitu buat liburan dan nyantai sementara gua gak bisa begitu, bukanya gua gak ada dana buat pergi tapi gua kepikiran orang tua gua. Gua cuman sayang ngehabisin duit segitu buat foya-foya gak tau kenapa. Dan baru-baru ini waktu gua kuliah gua di sandingkan sama temen baru kenalan baru dari sekolah lain dan gua sadar pemikiran gua masih di anggap kaku oleh beberapa orang. Ada dari mereka yang menganggap gua pelit ada dari mereka yang menganggap gua perhitungan. Tapi gua emang perhitungan, gua perhitungan karena gua tau rasanya hidup susah. Orang tua gua datang ke karawang tahun 1999-an bermodal uang phk dari salah satu hotel di batu malang yang jumlahnya sangat sedikit, mereka di karawang modal nekat nebeng di sodara dan di gaji sangat minim hanya 200K per bulan di potong uang susu, nabung beli rumah dan lain-lain. Hampir setiap saat gua ngbayangin itu, ngebayangin saat mereka susah, ngebayangin saat mereka di hina sama tetangga dan lain-lain. Mungkin banyak mereka yang bisa hidup enak di bawah naungan bapak ibunya yang berada dan mereka membanggakan hal itu, tapi gua bukan mereka gua gak bisa begitu biarpun sekarang keluarga gua bisa di bilang berada. Tapi gua tetep gak bisa kayak mereka dan gua gak mau kayak mereka. 

Terkadang ada yang ngajak sharing dan diskusi ringan soal usaha yang ingin dia kembangkan, tapi gua merasa heran kenapa bikin usaha baju atau warung yang notabene memerlukan biaya besar, sedangkan kantong mahasiswa itu kecil dan kadang keluar hawa kematian saat ngebuka dompet mereka. Kenapa gak mau buka usaha kecil? Yang resiko kerugianya kecil. Tapi percumah, kadang gua saranin begitu malah bilang "elu gak malu?" u wot m8? mau usaha tapi terbentur malu? itu pertanyaan yang kurang tepat saat mau memulai usaha. Malu bukan alasan, malu itu pertanda kalo lu udah gagal sebelum mencoba, lu udah takut memulai. Memang pemikiran setiap manusia itu beda dan gua bisa terima itu. Pernah ada yang membicarakan tentang temanya yang secantik putri disney yang bekerja sebagai kasir di suatu toko swalayan dan yang membicarakan itu merasa heran kenapa wanita secantik dia itu mau bekerja sebagai kasir disana? yang notabene pekerjaan yang bergaji kecil dan mungkin menurut si pembicara itu sesuatu yang aneh. Tapi gua lebih aneh sama si pembicara, kenapa? Ya gua heran mungkin dia belom tau apa itu tanggung jawab atau mungkin dia tidak mengerti jalan pemikiran si wanita itu? Yah apapun itu gua tetap belum bisa memahi pemikiranya.

Apapun yang gua tulis sekarang gua juga gak tau itu bisa dimengerti sama pembaca apa kagak. Yang jelas itu dari kepala gua dan mungkin itu gak berguna buat beberapa orang tapi gua akan tetap menulis itu karena saat tidak ada telinga yang mau dengar mulut ini bicara ada tangan, pulpen dan secarik kertas yang selalu bersedia mendengar gua. Tapi sekarang gua lagi gak make kertas dan pulpen tapi lupain aja itu, itu gak berguna kayak tulisan ini.

No comments:

Post a Comment