Pages

Tuesday, August 4, 2015

Pengertian Lane Di League Of Legends

Hi.!! Dah lama gua gak nulis nulis di mari setelah sekian lama menahan stres karena di marahin orang tua dan beban test masuk perguruan tinggi sekarang gua ada waktu senggang untuk sekedar menyalurkan hobby gua. Cukup basa basinya seperti yang tertera di judul gua bakalan bahas sedikit soal line line yang bakal lu mainin di league of legends. Sumber tulisan ini dari berbagai macam orang dan berbagai macam forum serta pengalaman bermain sendiri.




Pertama kalian harus tau ada dua solo lane, ada 1 duo lane, dan ada 1 jungler. Itu komposisi setandar atau mungkin wajib di game karena selama gua main dan liat video video secara online jarang gua nemuin yang beda. Mungkin terdengar membosankan kalo di liat dari komposisi teamnya, tapi di dalam line tersebut ada istilah lagi semisal ADC, APC, Top AP, Tanky, High CC, dsb nah sekarang gua masuk topik pertama. Bot line.

1. Bottom Lane




Bot lane atau bottom line itu line duet seorang adc sama sp. Tugas mereka itu securing dragon dan farm uang sebanyak banyaknya tentunya adc yang harus dapat uang banyak supaya item core cepat jadi.

ADC (Attack Damage Carry) biasanya yang ada di bottom lane barengan sama 1 support soalnya adc itu lemah di awal game, dan butuh sedikit asuhan sp buat kill duo lawan. Kewajiban adc itu last hitting minion buat gold, soalnya seperti yang di atas tadi adc itu harus punya uang banyak biar cepet jadi core item nya.

SP (Support) champion sp biasanya yang gak perlu banyak beli item tapi udah punya kelebihan khusus entah itu tankynya kah, ccnya kah, atau apnya. Tugas support yang paling utama itu warding ngasi vision atau pengelihatan ke adc dan rekan 1 team yang lain dan nemenin farming adcnya. Kalo kalian tertarik sama line ini gua udah pernah reveal tentang support line di post gua sebelumnya.

2. Mid Lane




Mid lane itu line yang paling kontrofersial di game ini kenapa? Karena di sinilah lane terpendek di game memungkinkan kalian buat battle dan farm exp sama gold secara cepat. Biasanya yang di kirim ke mid itu APC (Ability Power Carry) / Mage soalnya rata rata mage itu bisa ngasilin dmg magic yang besar dalam sekali kombo skillnya. Terkadang juga champion di luar mage juga bisa ada di mid lane semisal Varus yang sharusnya adc, atau cho gath yang seharusnya ada di top lane. Dari yang gua liat mid lane itu bisa di isi hampir semua champion. Tapi itu masih tergantung ke pilotnya aja.

Karena kalian ada di tengah sering kalian jadi sorotan team sendiri maupun lawan kalian harus siap ward di posisi vital pertigaan atau bush jangan pernah ragu beli ward ungu untuk reveal area tertentu. Dan kalo champion kalian berbasis mana kalian boleh minta golem / blue buff ke jungler kalian tapi abis minta jangan di kasi ke team lawan karena mati. Lanjut ke line berikutnya top.

Jangan pernah maksain jadi mid lane sumpah orang kaya begitu menyebalkan. Apalagi nggak bisa nge carry team. Facepalm. .

3. Top Lane




Top lane juga solo lane kayak mid cuman biasanya yang ada di top itu tanker dps biasanya labelnya bruiser atau fighter. Jadi top laner gak usah terlalu khawatir kalian cuma harus farming dan harass champion musuh buat mereka susah farming. Karena alasan itulah kenapa top champion rata rata bruiser atau fighter. Biar bagaimanapun kalian masih bisa ngirimin mage tank kayak vladimir, kenen, atau ryze misalnya ke top. Top ap biasanya bisa ngalahin tanker dengan mudah karena biasanya tangker bikin rune armor bukan mr tapi itu masih tergantung dari pilot juga.

Karena tugas top lane itu farming biasanya gua ngerasa kayak mainin farm simulator karena cuman maju mundur ngebunuh creep. Oh iya top champion biasanya jadi initiator waktu war di mid or late game, nggak jarang juga mereka teleport ke ward yang di pasang bot lane buat ganking adc musuh dan steal dragon. Masalah ward mungkin ward gratisan cukup, tapi tetep kalian jangan ragu beli ward ungu kalo merasa di perlukan.

4. Jungler




Dan ini dia line terkahir jungler, kebanyakan team pengen punya jungler, adanya lane jungler ngasi beberapa keuntungan semisal top lane jadi solo lane memungkinkan top lane mendapat lebih banyak gold dan exp, atau jungler bisa ganking bot dan mid ngebantu mereka menanging tower sama creep tapi tugas utama jungler itu securing dragon sama buff nggak jarang mereka juga harus warding di champ area musuh buat reveal jungler musuh berada.

Rata rata jungler itu ad karena mereka punya waktu clear camp yang cepat dan bisa ngasi blue buff / golem ke mid atau sp memungkinkan mereka buat mian agresif di lane.

Oh iya jungler itu punya summoner spell wajib bawa yaitu smite. Smite ngemunkinin kalian buat clear camp lebih cepet dan ngasi beberapa kelebihan seperti ngeheal dan ngasi beberapa item early yang lumayan berguna sampai late game.

Kalo jadi jungler jangan arogan kalian jangan terlalu sering farming di jungle kalo keadaan memungkinkan curi lah buff musuh atau gank lah lane team kalian. Kemenangan team kalian nggak jarang di bebankan ke kalian makanya lane ini bisa di bilang yang paling susah di mainkan tapi pasti ada keseruan sendiri maininya.

Gua kira itu aja dari gua sekarang gua udah mulai mengantuk. Ketikan di atas cuman segilintir pengetahuan gua yang gua kumpulin dari berbagai sumber dan beberapa pengalaman bermain yang ekstream. Keritikan pedas yang membangun selalu gua terima. Terimakasih udah mau baca. .
Captain take off. . . .wush. . .


No comments:

Post a Comment