Pages

Tuesday, May 5, 2015

Pengetahuan umum tentang support line League Of Legends


1.       Pendahuluan
Sudah lama sejak terakhir gua posting di sini, Tapi itu gak terlalu penting kayanya buat di bahas jadi langsung saja kita ke topik utama. Support mungkin salah satu line paling sedikit di gemari di server LoL. Mungkin karena role support ini agak menanggung beban yang cukup berat. Kenapa berat? Kita harus membantu seorang ADC untuk farm bahkan kill. Tapi itu tergantung dari sifat ADC nya kadang ada yang sangat manja, kadang ada yang super greget. Tugas SP bukan Cuma itu aja saat war SP di tugasi jadi initiator alternatif selain TOP dan JUNG. Makanya dari itu gua mau share apa yang gua tau dalam hal Supporting ADC.

2.       Support? Apa Yang Harus Gua Pick?
Mungkin itu pertanyaan yang muncul di kepala kita kalo di sisain role SP atau keadaan di mana kita dapat team batu yang gak ada yang mau jadi support. Sebenarnya banyak sekali champion LoL yang berpotensi jadi seorang support. Ini daftar champ support dari yang sering gua pake:

-          Annie :


Champion yang satu ini bisa di bilang salah satu champion SP yang patut di perhitungkan di line. Passivenya yang berbahaya ultimatenya yang bisa stun 5 orang sekaligus membuatnya sangat di perhitungkan dalam battle. Kekurangan nya cuman dia itu lemah, dengan health yang sangat sedikit, tapi itu bisa di atasi dengan rod of ages dan item sejenis.

-          Janna :


Janna adalah champion debuffer yang sangat hebat, skill nya sangat membantu seoranga ADC saat pertempuran besar. Skill Eye of the storm yang memberikan shield sekitar 10 sec yang bisa menyelatkan orang di saat kritis.

-          Leona :


Champion ini adalah salah satu SP terbaik di game. Memiliki potensi crowd control cukup besar dengan kombo E + W + Q + R. Memainkanya pun tidak terlalu sulit, jadi untuk  yang baru main cukup mudah di pahami.

-          Tresh :


Champion ini adalah salah satu support terbaik di league dengan ability dan ketahananya dalam pertempuran membuatnya banyak di pick dalam battle menggunakanya juga tidak terlalu sulit. Jadi ini champion yang patut di coba dalam battle.

-          Sion :


Sebenarnnya sion ini lebih bagus kalo ada di top atau junggle tapi bukan berarti dia tidak bisa berada di bot. Abilitynya yang banyak mengandung unsur slow dan bandanya yang sangat keras membuatnya sangat kuat dan bisa menjadi initiator yang sempurna.

-          Volibear :


Champion ini agak sulit di mainkan karena skillnya yang semua serangan jarak dekat membuatnya agak sulit mengharasment musuh, tapi dengan badan yang sangat keras serta ability yang sangat sakit membuatnya menjadi ancaman terbesar saat late game.

-          Blitzcrank (BC):


BC ini champion support yang paling sering di lihat saat bermain. Bukan tanpa alasan, champion ini memang sangat berbahaya karena tarikanya. Tapi tarikanya juga sangat mudah di hindari. Selain itu juga dia memiliki ultimate yang sedikit menyebalkan kalo kita sedang jadi APC silencenya cukup untuk membatalkan ultimate katarina.

-          Nunu :


Champion ini sebenarnya bisa berada di semua line demage dari ability nya yang bisa di bilang besar di early sampai mid serta ultimatenya yang sangat menyebalkan. Tapi jarang yang memakain champion ini entah kenapa. Mungkin karena kalah tenar sama hero lain.

-          Vel’koz:


One Necroeye yang satu ini sebenarnya kurang cocok kalo jadi SP tapi kalo di tangan yang tepat abilitynya bisa sangat menyebalkan. Ultimatenya bisa di bilang yang paling sakit karena manghasilkan true damage. Tapi kemampuan mobilitas yang rendah membuatnya rentan dalam pertempuran besar.

Yah, itulah beberapa champion yang memungkinkan menjadi support. Gua cuman nulis yang paling berpotensi aja. Sebenarnya banyak yang berpotensi semisal Nidalee, Aatrox, Heimidinger, dll. Tapi gua cuman tulis yang pernah gua pake dan pernah gua rasain.

3.       Gameplay

Aah, saatnya main tugas dari support itu membantu ADC saat farming dan kill. Untuk lebih jelasnya gua urutin dari early game sampe late.

-          Early Game
Di early game jangan terlalu offensive dengan mengeluarkan ability terlalu sering cukup farm dengan ADC tapi jangan di last hit nanti ADC nya ngamuk ntar dia jadi gak bisa dapat gold dan EXP buat jadiin item. Jangan lupa memberikan vision dengan memasang ward di titik penting di map (Penjelasan lengkap di bawah). Kalo musuh melakukan kesalah dan memungkinkan elu dan ADC lu buat kill ambilah kesempatan itu dengan baik. Lain ceritanya kalo ADC lu terlalu offensive, buat dia merasa nyaman nyicil, kalo sesuatu buruk terjadi berusahalah menyelamatkan dia dari pertempuran. Tapi di early game paling penting farm, jadi “Play for farm not for kill” akan sangat berguna.

-          Mid Game
Di sesi ini karena beberapa core item udah jadi, kita bisa bermain sedikit offensive berusahalah mencari celah untuk membunuh ADC musuh. Apapun yang terjadi hit ADC nya dengan ability yang kita punya dan halangi SP musuh melakukan ability ke ADC kita. Elu juga bisa gank ke mid atau meminta JUNG untuk melakukan Drag kalau sepi dan jung musuh berada jauh. Kalo keadaan memungkinkan melakukan war lakukanlah, tapi harus di lihat kesiapan team, mereka sanggup atau tidak jadi komunikasikanlah kalo mau war. Kalo memang butuh mintalah Blue buff ke junggle.

-          Late Game
Sesi ini di mana kita akan banyak melakukan peranan kita sebagai debuffer di team komunikasikan dengan baik saat ingin membuka pertempuran dan jangan telalu apalagi sampai melakukan kesalahan karena kesalahan sedikit saja bisa membalikan keadaan dari menang ke kalah.

Tentunya saran gua di atas itu berdasarkan keadaan team kalian. Jadi berkomunikasilah dengan baik ke team. Bermain degan chat itu menyenangkan.

4.       Item

Hampir Kelupaan soal yang satu ini. Item yah item itu penting bagi seorang support karena dari item juga kita bisa menyelamatkan seseorang dari dalam bahaya, bahkan membantunya melakukan sebuah kill. Banyak item seperti Michael Crucible yang menhilangkan semua efek root dan seperti Talisman of Ancesion yang bisa membuat team kita melakukan escape dengan baik. Tapi item itu bergantung pada champion apa yang kalian pilih, kalian bisa melihatnya di web MobaFire atau yang semacamnya. Tapi ada 1 item wajib untuk semua champion SP, Sightstone iya Sightstone item yang menhasilkan 4 ward ini bisa sangat membantu dalam memberika vision ke team kalian, kalian juga bisa upgrade jadi Rubby Sightstone dan menambahkan penambahan HP sebesar 600 dari sebelumnya 300.

5.       Warding

Titik Merah = Posisi terbaik menempatkan ward
Titik Hijau = Posisi Alternatif
Tentunya banyak kondisi dimana kita perlu menempatkan ward di tempat yang berbeda dari tempat di atas. Tempat di atas cuman posisi biasa pemain memasan ward.


Ya sekian dari gua, ketikan gua di atas cuman hal yang udah gua alami selama setahun ini. Gua selalu menerima pertanyaan dan kritik yang membangun karena ketika gua ada di langit di atas gua juga masih langit.

No comments:

Post a Comment